PROPOSAL PENELITIAN RESTORAN STEAK & RIBS KENYOT CORP
21.49 Edit This 1 Comment »
TEMA : Loyalitas Konsumen Terhadap Penggunaan Suatu Produk.
JUDUL : Pengaruh Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Restoran Steak & Ribs Corp
1. LATAR BELAKANG
Sejak dahulu makanan dikategorikan kebutuhan primer atau kebutuhan pokok. Oleh karena itu, manusia tidak dapat melepaskan kebutuhannya untuk makan karena itu manusia dapat terus melangsungkan hidupnya. Di era persaingan bisnis yang makin ketat khususnya dibidang pangan, hal ini sebaiknya harus memperhatikan kegiatan promosi. Program promosi merupakan saluran primer bagi komunikasi pesan kepada konsumen, baik konsumen yang ada maupun nasabah potensial (Stanton, 1996). Hal ini menuntut pihak penyedia jasa restoran untuk mencermati strategi-staregi pemasaran dalam meningkatkan jumlah konsumen di restoran tersebut. Salah satu unsur paduan pemasaran yang berpengaruh terhadap perilaku pelanggan restoran adalah paduan penggelolaan produk dan promotion mix (Oktobriono, 2003). Loyalitas konsumen bisa diartikan sebagai kepuasan konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk. Semakin konsumen puas akan suatu produk baik kualitas barang, pelayanan, dan promosi yang dilakukan oleh pihak manajemen, semakin ingin konsumen untuk mengkonsumsi produk yang yang pernah dikonsumsinya. Hal ini tentu saja dapat diperoleh dari pengalaman konsumen sendiri ataupun dari kerabat yang pernah mengkonsumsi suatu produk yang sama.
2. PERMASALAHAN
Bertitik tolak dari gambaran umum yang telah diungkapkan pada latar belakang masalah maka timbul keinginan untuk meneliti:
- Adakah kaitan antara kepuasan dan loyalitas konsumen? - Adakah pengaruh promosi terhadap peningkatan jumlah konsumen?
3. TUJUAN PENELITIAN
Untuk mengetahui adakah kaitan antara kepuasan dan loyalitas konsumen, untuk mengetahui adakah pengaruh promosi terhadap peningkatan jumlah konsumen restoran Steak&Ribs Kenyot Corp.
4. METODOLOGI PENELITIAN
- Model
Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model deskriptif, yaitu penggambaran model dalam batasan minimum model yang menggambarkan pertanyaan penelitian dan mendaftarkan variasi variabel terikat dan tidak terikat tanpa menspesifikasikan hubungan diantaran variable-variabel tersebut.
- Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah konsumen Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
- Objek Penelitian
Objek penelitian yaitu program promosi yang dilakukan oleh pihak manajemen restoran tersebut.
- Data
Tipe data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.
- Indikator dan Variabel Penelitian
1. Pengelolaan Produk
a. Kualitas makanan
b. Variasi menu makanan
c. Sajian makanan
d. Hadiah
e. Pelayanan
2. Promotion Mix
a. Iklan
b. Sales Promotion
c. Personal Selling
- Populasi dan Sampel
1. Populasi
Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah pelanggan Restoran Steak & Ribs Corp.
2. Sampel
Sampel yang diambil adalah 30 orang, yang diambil secara acak.
- Alat Analisis
Metode pengumpulan data dengan meggunakan kuesioner.
5. RANCANGAN ANALISIS
Peneliti menggunakan kuesioner dengan 20 pertanyaan sesuai dengan indikator dan variabel yang ada secara tertulis kepada responden dan 10 pertanyaan lisan. Untuk memperoleh hasil data yang telah diperoleh maka digunakan :
a. Analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran responden terhadap pengaruh kegiatan promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan.
b. Analisis regresi umtuk mengetahui apakah ada keterkaitan antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya.
6. KESIMPULAN
Program promosi akan mempengaruhi terhadap loyalitas dan peningkatan jumlah pelanggan restoran Steak & Ribs Kenyot. Bentuk promosi harus bedakan, karena dengan usaha agar konsumen tidak jenuh dengan promosi yang sudah terjadi. Promosi juga harus ditingkatkan serta di evaluasi setiap bulannya dengan tujuan mempertahankan dan menambah jumlah pelanggan.
7. USULAN STRATEGI
- Menyediakan kotak saran untuk menampung masukan dari pelanggan guna peningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang diberikan oleh restoran Steak & Ribs Corp kepada pelanggannya.
- Melakukan variasi menu baru setiap bulannya guna mencegah rasa jenuh pelanggan.
- Melakukan trainning yang tepat untuk titujukan ke karyawan
- Merenovasi Restoran secara rutin guna menarik konsumen.
- Memberikan diskon kepada pelanggan pada hari-hari tertentu.
JUDUL : Pengaruh Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Restoran Steak & Ribs Corp
1. LATAR BELAKANG
Sejak dahulu makanan dikategorikan kebutuhan primer atau kebutuhan pokok. Oleh karena itu, manusia tidak dapat melepaskan kebutuhannya untuk makan karena itu manusia dapat terus melangsungkan hidupnya. Di era persaingan bisnis yang makin ketat khususnya dibidang pangan, hal ini sebaiknya harus memperhatikan kegiatan promosi. Program promosi merupakan saluran primer bagi komunikasi pesan kepada konsumen, baik konsumen yang ada maupun nasabah potensial (Stanton, 1996). Hal ini menuntut pihak penyedia jasa restoran untuk mencermati strategi-staregi pemasaran dalam meningkatkan jumlah konsumen di restoran tersebut. Salah satu unsur paduan pemasaran yang berpengaruh terhadap perilaku pelanggan restoran adalah paduan penggelolaan produk dan promotion mix (Oktobriono, 2003). Loyalitas konsumen bisa diartikan sebagai kepuasan konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk. Semakin konsumen puas akan suatu produk baik kualitas barang, pelayanan, dan promosi yang dilakukan oleh pihak manajemen, semakin ingin konsumen untuk mengkonsumsi produk yang yang pernah dikonsumsinya. Hal ini tentu saja dapat diperoleh dari pengalaman konsumen sendiri ataupun dari kerabat yang pernah mengkonsumsi suatu produk yang sama.
2. PERMASALAHAN
Bertitik tolak dari gambaran umum yang telah diungkapkan pada latar belakang masalah maka timbul keinginan untuk meneliti:
- Adakah kaitan antara kepuasan dan loyalitas konsumen? - Adakah pengaruh promosi terhadap peningkatan jumlah konsumen?
3. TUJUAN PENELITIAN
Untuk mengetahui adakah kaitan antara kepuasan dan loyalitas konsumen, untuk mengetahui adakah pengaruh promosi terhadap peningkatan jumlah konsumen restoran Steak&Ribs Kenyot Corp.
4. METODOLOGI PENELITIAN
- Model
Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model deskriptif, yaitu penggambaran model dalam batasan minimum model yang menggambarkan pertanyaan penelitian dan mendaftarkan variasi variabel terikat dan tidak terikat tanpa menspesifikasikan hubungan diantaran variable-variabel tersebut.
- Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah konsumen Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
- Objek Penelitian
Objek penelitian yaitu program promosi yang dilakukan oleh pihak manajemen restoran tersebut.
- Data
Tipe data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.
- Indikator dan Variabel Penelitian
1. Pengelolaan Produk
a. Kualitas makanan
b. Variasi menu makanan
c. Sajian makanan
d. Hadiah
e. Pelayanan
2. Promotion Mix
a. Iklan
b. Sales Promotion
c. Personal Selling
- Populasi dan Sampel
1. Populasi
Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah pelanggan Restoran Steak & Ribs Corp.
2. Sampel
Sampel yang diambil adalah 30 orang, yang diambil secara acak.
- Alat Analisis
Metode pengumpulan data dengan meggunakan kuesioner.
5. RANCANGAN ANALISIS
Peneliti menggunakan kuesioner dengan 20 pertanyaan sesuai dengan indikator dan variabel yang ada secara tertulis kepada responden dan 10 pertanyaan lisan. Untuk memperoleh hasil data yang telah diperoleh maka digunakan :
a. Analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran responden terhadap pengaruh kegiatan promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan.
b. Analisis regresi umtuk mengetahui apakah ada keterkaitan antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya.
6. KESIMPULAN
Program promosi akan mempengaruhi terhadap loyalitas dan peningkatan jumlah pelanggan restoran Steak & Ribs Kenyot. Bentuk promosi harus bedakan, karena dengan usaha agar konsumen tidak jenuh dengan promosi yang sudah terjadi. Promosi juga harus ditingkatkan serta di evaluasi setiap bulannya dengan tujuan mempertahankan dan menambah jumlah pelanggan.
7. USULAN STRATEGI
- Menyediakan kotak saran untuk menampung masukan dari pelanggan guna peningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang diberikan oleh restoran Steak & Ribs Corp kepada pelanggannya.
- Melakukan variasi menu baru setiap bulannya guna mencegah rasa jenuh pelanggan.
- Melakukan trainning yang tepat untuk titujukan ke karyawan
- Merenovasi Restoran secara rutin guna menarik konsumen.
- Memberikan diskon kepada pelanggan pada hari-hari tertentu.